Animasi 2D adalah sebuah karya gambar suatu objek yang memiliki panjang dan lebar, dan hanya bisa di lihat dari satu sisi pandang. Animasi 2d leboh di kenla dengan sebutan kartun, yang merupakan kumpulan gambar-gambar lucu. Beberapa contoh kartun misalnya; Donald duck, tom & jerry, dan masih banyak lainnya.
Animasi dua dimensi di bagi menjadi 2 jenis yaitu :
1. Animasi Cel
Nama animasi cel di ambil dari kata celluloid, yaitu bahan utama untuk membuat sebuah animasi pada pertama kali munculnya animasi.Animasi cel merupakan sebuah lembaran-lembaran gambar yang membentuk sebuah objek tunggal.
Di setiap cel pada jenis ini memiliki objek yang terpisah-pisah,namun tetap tetap menggunakan satu background.
2. Animasi Path
Animasi path adalah suatu animasi dari sebuah objek yang hanya akan memiliki gerakan yang mengikuti suatu garis yang sudah ditentukan. Misal, animasi dengan objek kereta api yang berjalan hanya mengikuti relnya.
Pada umunya animasi path akan diberi pengulangan animasi, sehingga animasi tersebut akan terus bergerak berulang-ulang hingga kondisi tertentu. Seorang animator dapat menggunakan teknik animasi path, yaitu suatu teknik yang menggunakan layernya sendiri dandi definisikan untuk lintasan bergerak.
Keunggulan animasi 2D
Animasi 3D telah menikmati puncak popularitas. Saat ini, film utama di seluruh dunia menggunkan teknik untuk membuat sebuah gambar manusia hidup seakan-akan pengunjung merasa mereka adalah bagian dari animasi yang digambarkan di layar. Populitas 3D tak menarik dengan 2D,sejak munculnya pada awal 1900-an, telah disediakan manfaat untuk proyek animasi. Berikut beberapa keuntungan dari banyak animasi 2D.
a. Efisiensi
Animasi pada dasarnya tidak memulai proses yang sederhana. Animasi 2Dmembutuhkan banyak keterampilan dan kreativitas untuk menghasilkan objek, karakter dan dunia yang menarik untuk menyampaikan cerita dan pesan.
b. Kesederhanaan
Manfaat kedua animasi2D yaitu kenyataan bahwa desain yang cenderung kurang kompleks daripada yang disediakan oleh animasi 3D. menguntukan atau tidaknya sebuah desain animas 2D yaitu tergantung pada proyek.
c. Efektivitas biaya
Sebuah animasi membutuhkan waktu kurang dan kurang kompleks berarti jika hal itu dapat di capai dengan sumber daya yang lebih sedikit, maka tabungan ang sering diterjemahkan masuk ke harga yang lebih kecil. Setiap orang yang menyediakan animasi 2D harus bisa bekerja sama dengan anggaran anda untuk membuat proyek yang memenuhi tidak hanya kebutuhan kretive anda, tetapi juga kendala keuangan anda.
d. Kebebasan Artistik
Animator mengembangkan karakter dan dunia yang memenuhi kebutuhan proyek, bukan hanya berfokus pada menciptakan gambar sebagai manusia hidup, masih banyak objekang lain untuk refresensi animator
Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.
Sejarah Dan Jenis-Jenis Animasi
Animasi berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, nyawa, semangat. Sedangkan animasi secara utuh diartikan sebagai gambar yang memuat objek seolah-olah hidup disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna, dan efek spesial.
Sejarah Animasi
Sejarah singkat perkembangan animasi dunia dimulai sekitar 30.000 tahun yang lalu, manusia saat itu sudah mempunyai usaha untuk membuat gambar yang mencerminkan suatu proses gerak. Pada lukisan di dinding gua Altamira di Spanyol memperlihatkan gambar binatang sedang berlari
Kesan gerak didapat dengan menumpukkan gambar kaki binatang tersebut sehingga jumlah kaki terlihat 6-8 kaki. Salah satu dari (karya) tertua tentang pelukisan gambar gerakan ditemukan pada masa 1600 SM di Yunani. Misal pada dekorasi Partenon berbentuk relief yang melukiskan rangkaian/rentetan penari yang tampak bergerak dengan pertambahan
kecepatan dan perubahan posisi.
Pada tahun 1671, Athanasius Kircher membuat suatu gebrakan dengan menciptakan sebuah alat yang merupakan cikal bakal dari kamera proyektor. Alat ini dia sebut sebagai “Magic Lantern” Seorang berkebangsaan Belanda, Pieter Van Musschenbroek pada tahun 1736 disebut sebagai orang pertama yang membuat gambar animasi. Animasi yang dibuat oleh Pieter saat itu adalah kincir angin yang bergerak.
Tahun 1824, Peter Roget memperkenalkan “The Persistence of Vision”, sebuah alat untuk menggerakkan gambar. Pada tahun yang sama ditemukan sebuah alat bernama “Thaumatrope” yang oleh sebagian pakar sejarah animasi disebut sebagai rancangan John Aryton Paris. Akan tetapi oleh sebagian ahli yang lain alat tersebut ditemukan oleh Charles Babbage. Tahun 1832, sebuah alat yang dinamakan Phenakistoscope dikenalkan oleh Dr. Simon Ritter. Alat ini juga berfungsi membuat ilusi gambar yang diputar.
0 komentar:
Posting Komentar